Senin, 22 Agustus 2011

LATIHAN SOAL UH tgl 24 Agustus 2011. Tema: “Terbentuknya NKRI sampai Reformasi”

1.    Jelaskan 3 sebab terjadinya PD II di Eropa!
2.    Jelaskan 3 sebab terjadinya Ekspansi Jepang di Asia!
3.    Sebutkan sebab utama terjadinya perang Pasifik antara Jepang vs Amerika.

4.    Apakah usaha Adolf Hitler dalam memajukan Jerman dalam PD II.
5.    Apakah aksi yang memicu terjadinya PD II di Eropa?
6.    Apakah itu propaganda 3A?
7.    Sebutkan apakah itu perjanjian Linggarjati!
8.    Sebutkan 3 tugas dari AFNEI di Indonesia.
9.    Jelaskan kronologis dari pertempuran Surabaya, Ambarawa dan Bandung lautan Api.
10. Sebutkan siapa saja Jendral maupun Kolonel yang ikut serta dalam memimpin perang2 tersebut.
11. Apakah hasil yang diperoleh dari KMB di Den Haag, sebutkan 3 hasil persetujuannya.
12. Jelaskan alasan mengapa pemuda Indonesia membenci sekutu (AFNEI)
13. Jelaskan kronologis dari serangan umum 1 Maret 1949.
14. Sebutkan 3 tuntutan negara bagian timur dalam menolak ideologi negara RIS.
15. Sebutkan kapan resminya RIS dibubarkan dan kapan NKRI diresmikan, mengapa demikian?
16. Kapankah pemilu pertama dilaksanakan, dan sebutkan 5 partai yang ikut didalamnya.
17. Jelaskan mengapa terjadi inflasi ekonomi saat itu dan sebutkan satu saja cara yang diambil pemerintah dalam menanggulanginya.
18. Jelaskan alasan mengapa saat itu kaum Tionghua tidak disukai oleh rakyat pribumi Indonesia!
19. Sebutkan latar belakang mengapa presiden Soekarno mengeluarkan Dekrit Presiden dan apa isi dekrit tsb.
20. Jelaskan apakah yang di lakukan USA dalam mendamaikan Indonesia dalam usaha merebut Irian Barat.
21. Siapakah yang gugur dalam usaha merebut Irian Barat, dan bagaimana ceritany?
22. Apakah alasannya sehingga PKI dituding sebagai pelaku dari Gerakan 30-S?
23. Sebutkan nama2 urutan presiden Indonesia dengan benar.(end)
Jawaban:
  1. Politik mencari kawan, perlombaan senjata, gagalnya Liga Bangsa2 dalam mendamaikan Negara yang konflik, mengulang kejayaan masa lalu, perbedaan paham antara Negara merdeka dan Negara dictator.
  2. Meningkatnya jumlah penduduk, minimnya sumberdaya alam, hasrat menjadi Negara dominant.
  3. Membangkitkan semngat nasionalisme dari partai NAZI, bekerjasama dengan Russia dan Italia dalam membentuk perekonomian, membuat armada militer diam2.
  4. Serangan umum Jerman terhadap Polandia 1 Sept 1939
  5. Serangan dan ancaman Jernman terhadap Negara ekitarnya.
  6. Jepang Cahaya Asia, Pelindung Asia, Pemimpin Asia. Sebuah propaganda Jepang dalam menjajah Indonesia dengan alasan membebaskan Indonesia dari penjajahan Belanda, tetapi faktanya itu hanya siasat dimana Indonesia hanya berpindah dari tangan satu penjajah ke tangan penjajah lainnya.
  7. Yaitu perjanjian yang diadakan di Linggarjati tgl 21 Juli 1947 antara Sutan Sjahrir dan Prof Schermenhon untuk menyepakati kedaulatan RI terhadap Jawa dan Bali serta untuk membentuk Negara Uni Indonesia-Belanda.
  8. Melucuti dan memulangkan tentara Jepang yang ada di Indonesia, menjaga ketertiban negara sampai terbentuknya pemimpin baru, menghukum penjahat perang.
  9. Perang Surabaya: AFNEI yang datang bersama Belanda dicurigai arek2 Suroboyo sebagai kekuatan asing yg akan menjajah Indonesia kembali. Bung Tomo dan rekan2 segera mengambil posisi berperang, meski AFNEI meminta gencatan senjata namun mrk tidak bersedia dan terjadi pertempuran sengit di Jembatan Merah hingga Hotel Yamamoto sehingga dalam perang itu Kol Mallaby terbunuh. Ambarawa: kedatangan AFNEI memang disambut dengan positif namun NICA sebaliknya, sehingga pejuang Ambarawa sering terlibat kontak senjata dengan Belanda, pd tanggal 20 Nov 1945 Belanda meluncurkan pemboman di ibu kota Ambarawa yang mengakibatkan Panglima sudirman dan Kol Soeharto bertindak dengan berperang selama 25 hari. Bandung Lautan Api: Ketika AFNEI datang bersama NICA pd tgl 12 Okt 1945, perasaan rakyat pribumi sudah tidak enak, terutama ketika AFNEI meminta rakyat melucuti senjata. NICA dan pribumi sering terlibat peperangan, akhirnya para pejuang Bandung mengambil tindakan untuk mundur dari kota Bandung sembari membakar kota itu.
  10. Surabaya dipimpin Bung Tomo, Ambarawa dipimpin oleh Kol Sudirman dan Mayjen Soeharto, Bandung dipimpin Badan Keamanan Rakyat (BKR), PKI Madiun oleh Panglima Sudirman, Kol Soeharto dan Kol Nasution.
  11. Belanda-Indonesia sepakat membentuk Negara Serikat (RIS), kemudian menetapkan Ratu Belanda sebagai pimpinan Negara Indonesia-Belanda, Indonesia mengambil alih hutang Belanda dan biaya kerugian perang, kemudian disepakati pula bahwa kemerdekaan Irian Barat akan dibahas dikemudian hari.
  12. Karena mereka beranggapan bahwa Belanda hanya membawa bangsa lain untuk menduduki Indonesia. Padahal faktanya NICA memang bagian dari AFNEI berdasarkan perjanjian sekutu PD II. Sikap Belanda yang masih mengingini Indonesia tercium walaupun bersembunyi dibalik ANEI.
  13. Serangan umum ! Maret apada dasarnya usaha balasan dari pihak Indonesia terhadap agresi militer Belanda yang menyalahi perjanjian Linggar jati dan Renville. Pada tgl 18 Des 1948, Gubernur Jenderal Bell menyatakan tidak terikat lagi dengan perjanjian gencatan senjata dari perjanjian Renville sehingga ia bebas masuk ke Yogyakarta membawa pasukan NICA-nya itu. Tgl 19 Des 1948 NICa dan Bell merangsak masuk Yogyakarta (saat itu ibukota Indonesia), Presiden dan wakil disandera dan diujung bahaya. Panglima Sudirman segera bergerak untuk mengepung Yogyakarta, dan Kol Soeharto dan Kol Nasution membagi serangan di titik2 strategis. Selang beberapa hari berperang akhirnya Belanda mundur dan Yogyakarta berhasil direbut. Usaha Belanda ini dikecam PBB dan akhirnya Belanda dikenai penalti.
  14. Mereka menganggap bila RIS bukanlah jati diri Indonesia yang republik tapi usaha penjajah menghancurkan persatuan dan kesatuan Indonesia. RIS tidaklah mencerminkan Proklamasi 1945 yang berdaulat penuh pada negaranya. RIS harus dibubarkann untuk membentuk NKRI sesuai cita2 bangsa.
  15. tanggal 17 Agustus 1950 RIS dibubarkan meski banyak yang berkeberatan tetapi itu sesuai cita2 bangsa.
  16. Pemilu 29 Sept 1955 diikuti oleh partai seperti, PKI, PBI, Parkindo, PSI, PNI, dst.
  17. Karena Indonesia masih harus membayar hutang perang seperti perjanjian KMB sehinggga ekonomi terpuruk dan rakyat menderita. Jumla mata uang asing yang beredar di Indonesia perlu di kurangi karna menimbulkan inflasi keuangan negara yang besar. Pengangguran, kemiskinan dan kejahatan terus meningkat. Rakyat merasa resah dan tidak percaya kepada pemerintah shg terjadi pemberontakan dimana2. Usaha yang RI ambil adalah mulai menasionalisasikan perusahaan asing menjadi milik negara spt Bank Belanda dan Maskapai Penerbangan Belanda.
  18. Karena saat itu banyak orang Belanda meninggalkan perusahaannya di Indonesia untuk dibeli oleh kaum Tionghua dan bukan pada rakyat pribumi. Hal ini menyebabkan kemunduran ekonomi secara drastis, kaum pribumi menuding kaum Tioghua-lah yang mlakukannya, sehingga banyak kaum Tionghua yang dibenci pribumi. Negara mengambil kebijakan dengan mengambil perusahaan itu menjadi milik negara.
  19. Isi DEkrit Presiden 5 Juli 1959 dikeluarkan karena keresahan masyarakat atas kinerja kabinet yang tidak sejalan dengan cita-cita Proklamasi sehingga terjadi banyak pemberontakan dimana2. isi Dekrit adalah mmembubarkan konstitusi negara (kabinet), memberlakukannya kembali UUD 1945 dan Pancasila, serta membentu secepatnya MPRS dan DPRS.
  20. Indonesia yang dekat dengan Uni Soviet yang berpaham komunis ditakuti USA sehingga Presiden Kennedy menugaskan wakilnya untuk mendamaikan Belanda dan Indonesia yang sedang memperebutkan Irian Barat.
  21. Kapal laut Komodor Yos Sudarso dihancurkan destroyer Belanda di perairan Aru 15 Jan 1962.
  22. Karena komunis adalah paham yang dibenci oleh negara Republik serikat seperti USA yang menjunjung tinggi demokrasi dan kebebasan (liberalisme). Karena jika Indonesia berhasil diambil Uni Soviet menjadi komunis, maka Amerika dan sekutunya akan kesulitan mencegah peperangan baru antara Barat dan Timur.
  23. Soekarno (Bung Karno, bapak Pendiri RI, Revolusi), Soeharto (bpk Pembangunan), Bacharuddin Jusuf Habibie, Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Megawati Soekarno Putri (Mbk Mega), Susilo bambang Yudhoyono (SBY)

1 komentar:

  1. Thank you, mr! Tapi jawabannya gak kebanyakan ta mr? Sulit loh belajar e

    BalasHapus