Minggu, 20 Mei 2012

Tips Saat Membeli Kura-kura Brazil

Tips Saat Membeli Kura-kura Brazil

Footage ini sih bukan si Tuki tapi emang segini ukurannya
Hahaha seneng rasanya kalo punya piaraan baru. tapi gak senengnya itu kalo sampe mati ato sakit bikin banyak pikiran kita sebagai tuannya. nah di bawah ini sharingQ soal pertama kali beli binatang piaraan. 
aku inget saat itu hari sabtu (lupa tanggal) pas mo pulang ke Lamongan. emang sih aq dah rencana beli sepasang kura-kura karena pacarQ pingin piara kura-kura katanya. Akhirnya aq pergi ke toko aquarium setelah tanya-tanya sebentar dan aq beli 2 Tuki (semua RESku namanya Tuki) tapi sayang akhirnya semuanya mati karena gak tau gimana milihnya. waktu itu aq pilih sendiri ngobok2 di kolamnya, sekiranya lucu aq ambil. Eh gak lama, gak sampe 1 bln mati deh mereka itu. Yang aq tau adalah satu Tuki mati karena gangguan paru2 (megap2) and satunya karena tubuhnya ditumbuhi jamur.



Gak kapok mencoba, beberapa saat kemudian aq beli Tuki lagi. Yang terakhir aq beli Tuki sepasang, kali ini masnya yang pilihin, dia tau mana Tuki yang bagus akhirnya dapet deh. sempat bincang-bincang juga gimana kriteria milih Tuki yang bagus and sehat. Tuki yang baru ini lucu, yg satu pinter menyelam dan yg satunya pinter memanjat (ikut ekskul dmn jg gak tau Big Grin). Tapi sekali lagi sayang mrk berdua mati lagi gara2 saat itu pacarQ lupa misahin mrk berdua dengan Tuki yang besar (titipan tetangga), akhirnya berantem, luka-luka, kukunya protol, buntutnya dmakan yg besar. Tak lama 2 minggu kemudian "pergi" deh dia... :'(
PacarQ kecewa setengah mati karena merasa bersalah telah teledor ngurus mereka berdua. Bisa dibilang 2 Tuki itu kesayangannya karena sering diajak main di tempat tidur sembari dia ngerjain skripsinya. jadi baginya 2 Tuki itu sahabat kesayangannya selain boneka Pam2 (panda) di tempat tidurnya itu.

Sekarang aq punya Tuki 4 tapi gak bs mnggantikan kedua Tuki itu si pemanjat dan penyelam. Sad

Jadi aq akan kasih saran gimana cara pilih Tuki yang sehat:
1. Tukinya reaktif kalo jari kita masukan kekolam ato kita mo sentuh kepalanya.
2. Tukinya aktif suka jalan2, lari2 ato naikin tmn2nya.
3. Gak ada luka, kuku yang lepas, buntut buntung ato bercak di kulit maupun tempurung.
4. Perhatiin cara napasnya, jangan beli yang megap2, brarti dia pny sakit paru2
5. Perhatikan matanya juga, jangan bengkak, belekan ato merem terus.
6. Jangan beli juga yang lemes ato sembunyi di tempurung terus.
7. Perhatikan jangan beli Tuki yang ingusan ato radang di kepalanya.
8. Coba balik badannya, klo dia diem `ja berarti gak sehat, tapi klo dia meronta smp badannya balik itu Tuki yang bagus.
9. Pegang Tuki emang gak boleh dari samping nanti dia meronta dan lepas, tapi dalam milih Tuki yang baik coba cara itu.. semakin meronta n menendang2 secara kuat, maka Tuki itu sehat.

Itu seh pengalamanku beli Tuki, tmn2 sekalian kalo ada yg mo nambah silahkan..
Semoga Tuki yang kalian pilih sehat semua..hehehe
Tips lengkap ini juga bisa kalian lihat di situs soal kura2 brazil disini..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar